Artikel 9

Tips Untuk Mahasiswa IT

Haii kali ini gua mau berbagi Tips untuk calon mahasiswa IT. Kenapa gue berbagi Tips ini ?
Simple aja, ane gak mau kalian yang calon mahasiswa IT malah KAGET begitu masuk ke dunia perkuliahan.
Kaget gimana ?
Kaget dalam ngelihat materi kuliah gan.
F.Y.I Gak sedikit loh mahasiswa semester 1 yang KAGET melihat materi perkuliahan.
Kenapa ? ada 2 hal yang dapat membuat mereka KAGET melihat materi perkuliahan
1.         Karena mereka belum pernah nyentuh yang namanya bahasa pemrograman.
2.         Karena mereka berasal dari SMA atau SMK Non IT bukan SMK IT
“KAGET melihat materi perkuliahan” itu bisa berdampak besar sama kehidupan kalian sebagai mahasiswa IT di kemudian hari !
Menurut pengalaman dan pengamatan gue, orang yang “KAGET melihat materi perkuliahan” nantinya bisa dibagi menjadi 2 kepribadian.
1.      Menjadi PEMALAS karena merasa dirinya udah gak bisa duluan Alias PUTUS ASA duluan
2.      Menjadi semakin bersemangat karena ini merupakan tantangan besar bagi dirinya

gue gak mau kalian yang calon mahasiswa IT nantinya malah jadi mahasiswa PEMALAS yang ujung ujungnya bakal cuma copy paste mentah mentah tugas temen doang yang dimana sifat ini bakal nyusahin kalian saat membuat Laporan KP dan Skripsi.
So, marilah kalian simak beberapa TIPS dari gue sebelum kalian “KECEBUR” jadi Mahasiswa IT. Soo langsung aja ke Tips nya.

BELAJAR ALGORITMA
Apa sih itu algoritma, nah kalau di otak kalian muncul pertanyaan kayak gini. Ya itu pertanda awal ya.
Algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah / problem.
Yak, kalian harus belajar bagaimana berfikir secara detail dan logis dalam menyelesaikan masalah. Apapaun itu. Contohnya simple aja, misalkan lampu kamar ente mati dan kalian harus menggantinya sendirian. kalian harus berfikir gimana cara mengganti itu lampu gan.
Maksudnya seperti ini :
Kalau mau mengganti lampu otomatis kalian harus melepas lampu dulu kan ?
Yak, bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
Maksudnya ? pertama, kalian harus cek dulu apakah kalian sudah punya bohlam pengganti.

Setelah dicek dan ternyata bohlamnya penggantinya ada apakah setelah itu kalian langsung naik ?
Yak bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
kalian harus matiin saklar atau stop kontaknya dulu demi alasan keamanan kalian.
Sebagai mahasiswa IT, ente SANGAT dituntut untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
Apalagi saat kalian mendevelop sebuah program yang kompleks wih Algoritmanya akan sangat sangat banyak gan !!!

Intinya, kalian harus berusaha belajar untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.
BELAJAR KONSEP PEMROGRAMAN
Belajar konsep pemrograman ini akan memudahkan kalian untuk membuat sebuah logika program

Ada beberapa konsep pemrograman, contohnya adalah
Percabangan ( if/else, switch )
Perulangan ( for, while, do while)

kalian harus ngerti bagimana konsep dari if else, switch, for, while dan lain lain.
Kenapa ? karena if else, switch, for dan lain lain itu sangat digunakan nanti saat kalian belajar bahasa pemrograman

Contoh if else :
"JIKA Saya ingin pulang kerumah, maka saya harus belok KANAN. Jika tidak, saya harus belok kiri"

kodingan
if(saya == pulang kerumah) { belok kanan}
else {belok kiri}

BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN
Setelah kalian mengerti tentang algoritma & konsep pemrograman.
Alangkah baiknya kalau ente belajar juga bahasa pemrograman.
Apa itu bahasa pemrograman ?
Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Ada banyak banget bahasa pemrograman...
ada C#, Java, VB, Pascal, Delphi, AJAX dan lain lain.

BELAJAR SABAR & TELITI
Nah ini yang cukup penting
Mahasiswa IT itu kudu sabar dan teliti . Terkadang setelah codingan kita jadi, belum tentu langsung sukses jalan nya. Terkadang ada errornya.
Dan errornya itu sangat sangat bikin kita jengkel dan bikin kita bersedih.
5 hal diatas menurut ane perlu untuk ente pahami khususnya bagi calon mahasiswa IT.
Pertanyaannya adalah, siapa yang bisa bantu kalian belajar ?
hellow, Sekarang sudah 2014 gan, jaman sudah maju. kalian gak perlu PUNYA BUKU setebal YELLOW PAGES untuk belajar ! kalian bisa cari e-book di google, kalian bisa ke COMPUTER STUFF, kalian bisa tanya temen atau senior kampus yang kalian kenal.
sebelum gue jadi mahasiswa IT gue belajar bahasa pemrograman dengan cara nyolong source code tugastemen gue yang sudah senior kampus.
Karena kalau minta mungkin gak bakal dikasih karena gue gak terlalu kenal sama dia apalagi minta source code nya. Berhubung gue gak mau jadi mahasiswa modal nekat doang, terpaksa ane ngambil resiko
Please , kalian bakal naik tingkat jadi mahasiswa. Jangan masih terpaku sama harus punya buku paket / LKS baru bisa belajar...

0 komentar:

Posting Komentar