Cara ngecat pagar rumah Agan yang berkarat

Kapan terakhir kali Kalian ngecat?

Kebanyakan aktifitas ngecat dilakukan pada saat momen tertentu. Biasanya saat mau lebaran, momen tahun baru, menjelang hari kemerdekaan, atau pas kalian mau menikah.

Selain mengecat dinding bagian dalam dan luar rumah, seringkali yang luput dari perhatian kita adalah pagar. Padahal pagar merupakan salah satu bagian penting karena letaknya yang paling terdepan.

Mengenal Jenis-Jenis Cat

Nah, karena letak pagar itu jadi garda terdepan sebelum memasuki istana kalian, maka pagar besi memerlukan perawatan sempurna agar tidak mudah berkarat karena pagar besi selalu bersentuhan langsung dengan cuaca dan iklim.

Tapi kalian harus tahu dulu jenis-jenis cat untuk pagar besi rumah kalian. ini dia jenis-jenisnya:

Cat Aluminium
Bukan berarti cat ini cuma bisa digunain di bahan aluminium aja, Gan. Tapi bisa juga digunakan untuk bahan logam lainnya seperti besi. Warna yang tersedia cuma ada warna silver dan aluminium.

Cat Efek
Cat jenis ini mulai populer karena cat efek bisa menimbulkan bentuk warna dan gradasi yang berbeda sehingga bisa berbentuk tekstur seperti granit, kesan antik, retak-retak atau lainnya.

Cat Epoxy
Cat ini cukup ampuh dan bisa di andalkan untuk cat eksterior karena tidak mudah menguap terkena panas dan kualitasnya lebih baik dari cat sintetik.

Cat Duco
Cat duco lebih populer untuk pengecatan mobil atau motor karena teksturnya yang lebih halus sehingga pengecatannya menggunakan spray bertekanan tinggi. Harganya juga mahal, oleh sebab itu gue sarankan kalian gak pake cat ini untuk pagar rumah meskipun cat duco tahan terhadap panas.



Cat Besi Alkyd Sintetik
Cat ini mudah di dapatkan di toko bangunan deket rumah kalian, harganya terjangkau dan mudah di aplikasikan karena cat ini kering di udara dan mengandung pigmen titanium dioksida.

Pilih cat yang mana?

Dari beberapa pilihan cat pagar rumah di atas, yang paling tahan lama adalah cat epoxy karena cat tersebut lebih tahan terhadap cuaca makanya harganya mahal.

Cara mengecat pagar besi
Setelah kalian paham mengenai jenis-jenis cat dan bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan bajet Agans, sekarang mari kita mulai mengecat pagar besi rumah kalian yang udah mulai berkarat.

Langkah pertama
Sediakan sarung tangan, kacamata, dan masker. Kemudian mulailah mencari sumber karat pagar besi Agans. Bersihkan menggunakan sikat besi, lalu seka dengan kain lap lembap yang sudah dibasahi cairan sejenis spirtus/ thinner yang tidak berbau.

Langkah kedua
Cuci pagar besi menggunakan air hangat yang diberi sabun karena beberapa cat tidak bisa mentolerir cairan sejenis spirtus/ thinner. Gosok menggunakan lap yang diberi sabun kemudian bersihkan sisa sabun dengan penyemprot air. Lalu keringkan selama semalaman.

Langkah ketiga
Sebelum kalian menggunakan cat utama sebaiknya menggunakan cat dasar primer sebagai pelapis anti karat, lakukan dengan cepat proses pengecatannya. Keringkan cat primer selama minimal satu hari sampai cat tersebut benar-benar kering. Kemudian mulailah kalian mengecatnya dengan cat epoxy atau sintetik, tergantung yang kalian beli. Keringkan dan lakukan pengecatan kedua untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.




Nah, begitulah step by step untuk pengecatan pagar besi berkarat di rumah. Semoga blog ini bermanfaat sekarang atau suatu saat nanti. Dan bisa nambah skill kalian kalo sekiranya lagi kepepet lambat dapat uang kiriman dari ortu. Siapa tahu ada job dari tetangga kost. hehehe...
cukup sekian dan terima kasih dari saya :)

Wassalamu'alaikum wr.wb

1 komentar: