Memilih Jurusan kuliah Sistem Informasi

MENGAPA KULIAH DI JURUSAN SISTEM INFORMASI ?


Mengapa kuliah di jurusan Sistem Informasi ? Sebenarnya pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya bagi saya kenapa akhirnya saya memilih jurusan ini. Padahal dulu saya sempat bingung mau mengambil jurusan apa. Pada awalnya setelah lulus dari sekolah menengah atas, hal pertama yang saya lakukan adalah proses kebingungan karena tak tahu harus memilih jurusan sekolah tinggi apa yang akan saya tekuni. Pikiran saya waktu itu adalah bagaimana cara memilih agar sesuai kemampuan dan keikhlasan batin dari diri sendiri serta mau mengembangkan kemampuan tersebut.

Saya memilih jurusan Sistem Informasi karena untuk memperdalam ilmu IT saya dan mencari pengalaman di bidang IT. Sistem Informasi ini ialah ilmu yang mempelajari pembuatan, perancangan, dan pengoperasian sistem informasi. Sistem Informasi jadi sebuah sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang ditujukan. Selain itu kita juga belajar tentang memberikan kemudahan memperoleh data yang ada dengan cara berurutan (database), promosi kepada masyarakat umum (website), dan pengolahan data (software untuk akuntansi).

Tak perlu khawatir mengenai pekerjaan, peranan sistem informasi sangat dibutuhkan di semua bidang. Perusahaan pasti membutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang computer, entah dalam merancang sebuah system, mengelola database, atau membuat aplikasi untuk suatu proyeknya. Walaupun begitu, tidak jarang juga pekerja yang akhirnya bekerja tidak pada jurusan awalnya. Mereka yang lebih memilih jalan menjadi pengusaha, akuntan, dan sebagainya bukan berarti salah memilih jurusan, pemikiran dimasa perkuliahan akan membentuk ide baru yang berbeda dari biasanya dan akan menentukan jalan sukses kehidupan seseorang.

Target utama dari perkuliahan jurusan sistem informasi adalah membentuk sebuah mahasiswa / mahasiswinya menjadi sistem analis. Tak heran jika nanti dalam perkuliahannya kita akan disajikan tentang bahasa bahasa pemrograman dan akan mengkaji nya satu satu tenyang valid atau tidaknya program tersebut. Berbeda dengan mahasiswa teknik informatika yang lebih ke pembuatan hardware, software, bahkan aplikasi. Pejuang sistem informasi lebih mengutamakan jangka panjang karena kita yang akan memikirkan sebuah sistem dibentuk dan berapa lama masa ketahanannya. Selanjutnya pembuatan hardware kita beri kepada jurusan teknik informatika.

Jadi apapun jurusan atau pilian yang sudah kita pilih jangan pernah di sesasli, jalani dengan ikhlas dan penuh semangat karena pilahan yang kita pilih merupakan tanggung jawab kita untuk kedepan nya. Selalu berdoa dan terus semangat untuk menjadi sukses terhadap jalan yang kita pilih. Sekian tulisan ini saya buat kurang lebih nya mohon maaf. Wassalamu’alaikum Wr Wb


2 komentar: