Sistem Informasi Geografis

Nama Kelompok :
1.     Ahmadhani Gilang Ramadhan
2.     Andrio Aritonang
3.     Joshua E.R Harso
4.     Nur Muhamad Rum
5.     Zulkarnain Juniarsyah

Kelas                    : 4KA20

A. Pengertian Sistem Informasi Geopgrafis / GIS

SIG terdiri atas dua pengertian, yaitu Sistem Informasi dan Informasi Geografi. Sistem informasi adalah keterpaduan kerja untuk mendapatkan informasi dalam pengambilan keputusan. Dalam sistem informasi terdapat komponen data, manusia, perangkat lunak (program komputer), perangkat keras (komputer), serta aktivitasnya dalam pengolahan dan analisis data untuk pengambilan keputusan. Adapun informasi geografis adalah kumpulan data atau fakta yang terkait dengan lokasi keruangan di permukaan bumi, yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan informasi baru yang bersifat geografis dan berbeda dari sumber data awalnya ketika masih terpisah-pisah.
Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi. Yang semula informasi permukaan bumi disajikan dalam bentuk peta yang dibuat secara manual, maka dengan hadirnya Sistem Informasi Geografi (SIG) informasi-informasi itu diolah oleh komputer, dan hasilnya berupa peta digital. Sistem Informasi Geogafi (SIG) mampu menyajikan keaslian dan kelengkapan sebuah informasi dibandingkan cara-cara yang digunakan sebelumnya. Sistem informasi geografi menyimpan data sesuai dengan data aslinya. Walaupun demikian, agar data yang disimpan itu akurat, maka data yang dimasukkan haruslah data yang akurat.
Sistem Informasi Geografi (SIG) akan memberikan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan merupakan data yang meragukan. Selain berperan sebagai alat pengolah data keruangan, sistem informasi geografi juga mampu menyajikan informasi mengenai sumber daya yang dimiliki oleh suatu ruang atau wilayah tertentu. Dengan demikian, sistem informasi geografi tidak hanya befungsi sebagai “alat pembuat peta”, tetapi lebih jauh dari itu. Sistem informasi geografi mampu menghasilkan suatu sistem informasi yang aplikatif, yang dapat digunakan oleh perencana atau oleh pengambil keputusan untuk kepentingan pengolahan sumber daya yang ada di suatu wilayah. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi: 
a) Akuisi dan verifikasi data, 
b) kompilasi data, 
c) penyimpanan data, 
d) perubahan dan updating data, 
e) menyimpan dan pertukaran data, 
f) manipulasi data, 
g) pemanggilan dan presentasi data
h) analisis data. (Bern, 92).

Contoh Aplikasi Sistem Informasi Geografis adalah :
1.      GPS
2.      Google Maps
3.      Waze
4.      Gojek
5.      Grab Bike
6.      Google Earth
7.      Dan lain sebagainya





B. Google Earth


Google Earth merupakan Program memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelitfotografi udara dan globe GIS 3D. Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005. Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasigeospasial.
Globa virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter. Las Vegas, Nevada dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi tertinggi, pada ketinggian 15 cm (6 inci). Google Earth memolehkan pengguna mencari alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.Google Earth juga memiliki data model elevasi digital (DEM) yang dikumpulkan oleh Misi Topografi Radar Ulang Alik NASA. Ini bermaksud agar kita dapat melihatGrand Canyon atau Gunung Everest dalam tiga dimensi, daripada 2D di situs/program peta lainnya. Sejak November 2006, pemandangan 3D pada pegunungan, termasuk Gunung Everest, telah digunakan dengan penggunaan data DEM untuk memenuhi gerbang di cakupan SRTM.[5]
Google Earth mampu menunjukkan semua gambar permukaan Bumi. dan juga merupakan sebuah klien Web Map Service. Google Earth mendukung pengelolaan dataGeospasial tiga dimensi melalui Keyhole Markup Language (KML).Google Earth memiliki kemampuan untuk memperlihatkan bangunan dan struktur (seperti jembatan) 3D, yang meliputi buatan pengguna yang menggunakan SketchUp, sebuah program pemodelan 3D. Google Earth versi lama (sebelum Versi 4), bangunan 3d terbatas pada beberapa kota, dan memiliki pemunculan yang buruk tanpa tekstur apapun. Banyak bangunan dan struktur di seluruh dunia memiliki detil 3D-nya; termasuk (tetapi tidak terbatas kepada) di negara Amerika Serikat, Britania Raya, Irlandia, India, Jepang, Jerman, Kanada, Pakistan dan kota Amsterdam dan Alexandria. Bulan Agustus 2007,Hamburg menjadi kota pertama yang seluruhnya ditampilkan dalam bentuk 3D, termasuk tekstur seperti facade.

C. Cara Menggunakan Google Earth

·  Tentunya sebelum mengoperasikan google earth kita terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi google earth.
·  setelah mengunduh aplikasi google earth tersebut. installah aplikasi kasi tersebut di laptop/PC anda
·  buka aplikasi tersebut dengan cara run as administrator
·  setelah itu ketik alamat anda dalam kotak fly to. tekan "ENTER" pada keyboard maka google earth akan mencari dan menampilkan lokasi tersebut.
·  gunakan kontrol disisi layar kanan untuk bernavigasi ke arah Utara, Selatan, Barat Dan Timur
·  anda juga dapat mengontrol berapa meter ketinggian anda dari tanah dengan menggunakan kontrol vertikal di sebelah kanan anda
·  klik gambar saturnus kecil untuk memungkinkan anda menjelajah alam semesta. klik bintang maka sebuah kotak akan muncul dengan menampilkan informasi lengkap tentang bintang itu bahkan disertai video.

D. FITUR-FITUR DI GOOGLE EARTH BESERTA FUNGSINYA

Penjelasan (sesuai nomor) antar muka Google Earth yang tampak seperti gambar diatas bisa dilihat di bawah ini :
  1. Panel Telusuri - Gunakan untuk mencari tempat dan arah dan mengelola hasil penelusuranGoogle Earth EC dapat menampilkan tab tambahan di sini.
  1. Ikhtisar peta - Gunakan untuk melihat perspektif tambahan di Earth.
  1. Sembunyikan/Tampilkan sidebar - Untuk menyembunyikan atau menampilkan sidebar (panel Telusuri, Tempat, dan Lapisan)).
  1. Tanda letak - Klik untuk menambahkan tanda letak suatu lokasi.
  1. Poligon - Klik untuk menambahkan poligon.
  1. Jalur - Klik untuk menambahkan jalur (satu atau beberapa garis).
  1. Hamparan Gambar - Klik untuk menambahkan hamparan gambar di Earth.
  1. Pengukur - Klik untuk mengukur jarak atau luas area.
  1. Matahari - Klik untuk menampilkan cahaya matahari di seluruh lanskap.
  1. Sky - Klik untuk melihat bintang, konstelasi, galaksi, planet, dan bulan.
  1. Email - Klik untuk mengirim tampilan atau gambar lewat email.
  1. Cetak - Untuk mencetak tampilan Earth aktif.
  1. Tampilkan di Google Maps - Untuk menayangkan tampilan aktif Google Maps di peramban web.
  1. Kontrol navigasi - Gunakan untuk memperbesar, melihat dan berkeliling
  1. Panel Lapisan - Gunakan untuk menampilkan tempat menarik.
  1. Panel Tempat - Gunakan untuk mencari, menyimpan, mengatur, dan mengunjungi ulang tanda letak.
  1. Tambahkan Konten - Klik untuk mengimpor konten yang menarik dari Galeri KML
  1. Penampil 3D - Untuk melihat globe beserta datarannya di jendela ini.
  1. Panel status - Untuk melihat koordinat, ketinggian, tanggal pencitraan dan status streaming.

E. CARA MENGUBAH BAHASA PADA GOOGLE EARTH

Kita dapat mengubah bahasa yang ditampilkan di Google Earth sesuai dengan. Untuk melakukannya pada Windows atau Linux:
  1. Klik Alat > Pilihan. Klik tab Umum.
  1. Di bawah setelan Bahasa, pilih bahasa yang sesuai pilihan Anda. Default Sistem sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh sistem operasi komputer Anda.
Untuk mengubah bahasa Anda pada Mac:
  1. Keluar dari Google Earth.
  2. Klik pada simbol Apple di sebelah kiri atas layar Anda.
  3. Pilih System Preferences.
  4. Klik pada International.
  5. Tarik bahasa yang didukung (lihat di bawah ini) pilihan Anda ke ujung atas daftar.
  6. Luncurkan kembali Google Earth.
Berikut adalah bahasa yang didukung Google Earth Versi 5.0:

F. Mode Sky

Diluncurkan pada 22 Agustus 2007, Google Earth menambah sebuah peralatan Sky untuk melihat gambar bintang dan luar angkasa. Google Sky dibuat oleh Google melalui kerjasama dengan Institut Pengetahuan Teleskop Luar Angkasa di Baltimore, pusa operasi Hubble. Dr. Alberto Conti dan pembuatnya Dr. Carol Christian dari Institut Pengetahuan Teleskop Luar Angkasa, merencanakan untuk menambah gambar publik mulai 2007, juga gambar berwarna dari semua data arsip dari Kamera Hubble untuk Survei. Gambar terbaruHubble akan dimasukkan dalam program Google Sky setelah diambil. Fitur baru seperti data multi-panjang, posisi satelit besar dan orbitnya juga sumber pengetahuan akan disediakan ke komunitas Google Earth dan juga melalui situs web untuk Sky milik Christian dan Conti. Juga yang terlihat pada mode Sky adalah konstelasi, bintang, galaksi dan animasi yang memperlihatkan orbit planet. Sebuah tambahan transien luar angkasa Google Sky, menggunakan protokol VOEvent

G. Fitur Wikipedia dan Panoramio

Bulan Desember 2006, Google Earth menambah fitur baru disebut "Geographic Web" yang meliputi tampilan Wikipedia dan Panoramio. Di Wikipedia, entri diberi koordinat dengan Templat:Coor title dms. Apabila pilihan untuk memperlihatkan entri Wikipedia atau Panoramio dipilih, pengguna akan diperlihatkan dengan titik yang dapat ditekan dalam versi Google Earth. Apabila titik tersebut ditekan, pengguna dapat melihat entri Wikipedia atau Panoramio langsung di Google Earth. Banyak koordinat yang digunakan, tipe yang berbeda ditampilkan dan bahasa yang berbeda disediakan daripada fitur Wikipedia berdiri sendiri. Google mengumumkan pada tanggal 30 Mei 2007 bahwa mereka mengambil alih Panoramio.

H. Kelebihan dan Kekurangan Google Earth

Kelebihan
  1. kita dapat menggunakan fitur ini untuk menjelajahi dan melihat kenampakan bumi secara langsung hanya dengan didepan komputer saja
  2. kita dapat melihat berbagai peta, tata ruang dan penjelejahan
  3. menyajikan informasi terbaik dan secara gratis
  4. aksesnya mudah
kekurangan
1.      datanya sama seperti google maps
2.      penampilannya hampir sama dengan google maps
3.      ketika menggunakan google earth pro kita harus membayar biaya per bulan
4.      Membutuhkan ruang penyimpanan yang besar
5.      Harus terkoneksi dengan internet
6.      Tidak semua negara ada di google earth


44 komentar:

  1. Dri yg saya baca mengenai SIG informasinya slalu akurat , tp diblog ini mnyatakan "Sistem Informasi Geografi (SIG) akan memberikan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan merupakan data yang meragukan." tlg beri contoh data seperti apa yg meragukan trsbt? trimakasih:)

    kunjungi website saya ya : https://tasyans.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. selamat malam Gan
    terimakasih artikel ini sangat membantu saya
    dan banyak memfaatnya dan memberi pengatahuan

    kunjungin website kami & website Kampus kami
    https://ahmadrizalfahlepii.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. terimakasih informasinya bermanfaat untuk menambah wawasan saya tentang sistem informasi geografis.

    kunjungi website saya https://rikaristilia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Terimakasih, sangat membantu saya dalam mencari referensi. Kunjungi blog saya https://windaandriyani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan web kampus saya www.atmaluhur.ac.id :)

    BalasHapus
  6. terimakasih. blog ini sangat membantu saya dalam pembelajaran tentang gis. semoga bisa lebih ditingkatkan kualitasnya

    BalasHapus
  7. terimakasih. blognya sangat bermanfaat. tetapi lebih ditingkatkan untuk kualitas isinya.

    kunjungi website saya : azazel.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    website kampus saya : atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. terimakasih artikelnya sangat bagus

    kunjungi website saya : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/hafizzul-akbar/beranda

    BalasHapus
  9. Hai kak, perkenalkan nama saya gita sefcia
    disini saya mau mengucapkan terima kasih karena sudah memberikan informasi yang anda berikan di blog ini
    informasi ini sangat-sangat berguna banget untuk saya
    seperti Cara Menggunakan Google Earth, CARA MENGUBAH BAHASA PADA GOOGLE EARTH, dan masi banyak lagi. "_"

    kalau ada waktu silakan kunjungi website saya :
    https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/gitasefcia/beranda
    dan website kampus saya : https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. Terima kasih admin, penjelasan tentang Google Earth-nya sangat bagus saya dapat pembelajaran setelah membaca artikel ini.

    jangan lupa kunjungi web saya https://jmarlinton.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan Website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas informasi nya

    jangan lupa kunjungi website saya : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/erykurniawan/beranda

    BalasHapus
  12. Dri yg saya baca mengenai SIG informasinya slalu akurat , tp diblog ini mnyatakan "Sistem Informasi Geografi (SIG) akan memberikan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan merupakan data yang meragukan." tlg beri contoh data seperti apa yg meragukan trsbt? trimakasih:)

    kunjungi website saya ya : https://yuliani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  13. artikelnya sangat menarik dan bermanfaat. informasinya sangat jelas dan dapat menambah wawasan saya. saya jadi tau cara mengubah bahasa yang ditampilkan di Google Earth. terimakasih ya..

    kunjungi website saya gan: http://cristianyohanes.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    website kampus: www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  14. terima kasih kak blognya sangat membantu saya dalam mempelajari tentang gis.
    jangan lupa kunjungi website saya siapa tau bermanfaat.
    https://rosydianti.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  15. Dari yang saya baca diatas penjelasan tentang sistem informasi geografis beserta contoh aplikasinya yang digunakan sangat menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.Dan juga penjelasan tentang Google Earth yang rinci dan baik membuat saya lebih dalam untuk memahaminya serta mempelajarinya. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini semoga penulis lebih bersemangat lagi dalam memberikan ilmu yang bermanfaat seperti ini sekali lagi terima kasih.

    Bila ada waktu jangan lupa kunjungi website saya meong.mahasiswa.atmaluhur.ac.id.

    Dan juga website kampus saya www.atmaluhur.ac.id.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  16. terimakasih informasinya bermanfaat untuk menambah wawasan saya tentang sistem informasi geografis.

    kunjungi website saya https://estyjulitriani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  17. trims sangat bermenfaat
    jangan lupa kunjungi website saya dan kampus kami
    https://didin.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  18. terimakasih ya kak
    Artikelnya sangat menarik dan mudah bagi pemula untuk dipelajari.
    oh iya...
    jangan lupa kunjungi blog saya : https://hafaz.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  19. blog ini berisi tentang matakuliah yang saya dapat sekarang , makasi ya gan , dengan membaca blog ini saya mulai ada gambaran untuk belajar SIG .
    Oia gan , saya belum tau ni dengan Earth Viewer ?
    lain waktu boleh di jelaskan ya gan? apa itu Earth Viewer?

    makasih gan sudah baca komen saya .

    Oia jangan lupa kunjungi website saya ya gan ,
    Di http://ria.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Dan website kampus saya
    Di http://www.atmaluhur.ac.id


    BalasHapus
  20. selamat malam gan
    blog ini memang sangat menarik dan mudah untuk di pelajari penjelasan tentang Pengertian Sistem Informasi Geopgrafis / GIS sangat bagus dan saya bisa belajar tentang Sistem Informasi Geopgrafis / GIS setelah membaca blog ini,sekali lagi saya ucapkan terimakasih buat agan yang telah menjelaskan sistem informasi Geopgrafis / GIS.

    jangan lupa kunjungi website saya ya,
    di http://sopiantoro.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya
    di http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  21. Selama malam Gan
    Dari yang saya baca diatas penjelasan tentang sistem informasi geografis beserta contoh aplikasinya yang digunakan sangat menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.Dan juga penjelasan tentang Google Earth yang rinci dan baik membuat saya lebih dalam untuk memahaminya serta mempelajarinya. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini semoga penulis lebih bersemangat lagi dalam memberikan ilmu yang bermanfaat seperti ini sekali lagi terima kasih.


    Bila ada waktu jangan lupa kunjungi website saya
    Di:
    https://bakri48.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id
    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. Blog yang sangat menarik

    Kungjungi blog kami https//sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/bobby-ervandi.beranda dan website kampus kami www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  23. terimakasih untuk oengertian google earth nya, sangat lengkap dan mudah dipahami disini juga ada cara menggunakannya maupun fitur"nya

    Jangan lupa ya.. kunjungi juga website saya https://yeladevista.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  24. sangat lengkap dan bermanfaat terima kasih atas pengertian nya
    Kunjungi website saya ya https://sabri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  25. Terimakasih makalah yang anda buat sangat membantu saya dlam mengerjakan tugas kuliah dan sangat bermanfaat bagi saya
    jangan lupa kunjungi website saya http://1511500086septyadiutama.blogspot.com/
    an website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  26. Blog yang sangat mudah dipahami

    Kunjungi blog kami https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/bobby-ervandi.beranda dan web kampus kami www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  27. Terimakasih. Media pembelajaran GIS ini Mempermudah saya mendalami pengetahuan tentang GIS
    .
    ohhh yaaa !!!
    jangan lupa kunjungi website saya dan website kampus saya.
    https://errykurniawan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  28. terimakasih untuk oengertian google earth nya, sangat lengkap dan mudah dipahami disini juga ada cara menggunakannya maupun fitur"nya
    Kunjungin website kami juga Gan
    Di:
    https://sandimario28.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  29. terimakasih sangat bermanfaat
    silahkan kunjungi website saya:https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/hafizzul-akbar/beranda
    dan website kampus saya:http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Sistem informasi geografis atau disingkat dengan SIG adalah sebuah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, serta menganalisis informasi geografis. Dengan adanya sistem informasi geografis, informasi permukaan bumi yang sebelumnya disajikan hanya dalam bentuk peta yang dibuat secara manual, kini dapat diolah dan ditampilkan dalam bentuk informasi digital. Sistem informasi geografis juga mampu menampilkan bentuk keaslian dan kelengkapan dari sebuah informasi, lebih baik dibandingkan dengan cara manual sebelumnya.

    Sistem informasi geografis bekerja dengan cara menyimpan data sesuai dengan data asli yang dimilikinya. Namun, agar data yang ditampilkan melalui sistem informasi geografis menjadi akurat, maka data yang dimasukkan ke dalam database tentunya harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi pula. Di samping berperan sebagai alat pengolahan data keruangan, teknologi sistem informasi geografis juga mampu menyajikan informasi terkait sumber daya yang dimiliki dari sebuah wilayah atau ruang tertentu. Oleh karena itu, dengan teknologi sistem informasi geografis, kita tidak hanya mampu membuat peta dengan tingkat akurasi yang tinggi, Namun kita juga mampu menghasilkan suatu sistem informasi yang bersifat aplikatif, sehingga dapat digunakan oleh para perencana ataupun para pengambil kebijakan untuk kepentingan Pengolahan Sumber Daya dari sebuah wilayah (source : Sistem informasi geografis

    BalasHapus
  32. Artikel yg disampaikan Sangat menarik Dan bermanfaat bagi pemula pembahasan Sangat mudah dipahamin, saya jadi bisa mengerti setiap tools yg digunakan. Terimakasih banyak materinya

    kunjungi website saya : Didisupriadin.blogspot.com
    website kampus: www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  33. Dri yg saya baca mengenai SIG informasinya slalu akurat , tp diblog ini mnyatakan "Sistem Informasi Geografi (SIG) akan memberikan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan merupakan data yang meragukan." tlg beri contoh data seperti apa yg meragukan trsbt?
    sebelumnya Terima Kasih gan untuk informasi nya, sangat membantu untuk memahami Sistem Informasi Geografis. Terutama untuk saya yang masih pemula dalam mempelajari ilmu Sistem Informasi Geografis.

    Jangan lupa juga kunjungi website saya => http://herlanggaapratama.blogspot.com/
    dan juga website kampus kami => www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  34. Artikelnya sangat membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai SIG.

    Kunjungi website saya dan kampus saya, siapa tau dapat bermanfaat juga bagi para pembaca
    http://divara05.blogspot.com/
    https://www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. dari yang saya baca, sig sangat berguna untuk menjelajahi dan melihat kenampakan bumi secara langsung hanya dengan didepan komputer saja
    kita dapat melihat berbagai peta, tata ruang dan penjelejahan
    menyajikan informasi terbaik dan secara gratis

    Kunjungi website saya dan kampus saya, semoga bermanfaat.
    https://dandiabdin.blogspot.com/
    https://www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Selama malam Kak
    Dari yang saya baca diatas penjelasan tentang sistem informasi geografis beserta contoh aplikasinya yang digunakan sangat menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.Dan juga penjelasan tentang Google Earth yang rinci dan baik membuat saya lebih dalam untuk memahaminya serta mempelajarinya. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini semoga penulis lebih bersemangat lagi dalam memberikan ilmu yang bermanfaat seperti ini sekali lagi terima kasih.

    Kunjungi website saya dan kampus saya, semoga bermanfaat.
    https://tugastugasmulu.blogspot.com/
    https://www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  39. Hai kak terimakasih sudah menjelaskan secara baik prihal SIG-Google Earth sehingga saya mampu lebih mengerti prihal materi tersebut. Semoga materi ini selalu bermanfaat bagi saya, kakak, dan orang banyak. terus bersemangat dalam menyampaikan ilmu ya kak. terima kasih.

    Kunjungi website saya dan kampus saya
    https://syfanamirablog.blogspot.com/
    https://www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  40. Sangat Bermanfaat untuk mengetahui pengaplikasian GIS sendiri pada Google Earth ini.
    Saya Mempunyai tugas untuk berkomentar serta menyertakan link website saya dan kampus terima kasih.

    Kunjungi Website Blog Saya: http://antikasyahputri.blogspot.com/
    Website Kampus Saya: https://www.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus
  41. informsi diatas sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    jangan lupa kunjungi blog saya desidessyunita.blogspot.com
    dan
    kunjungi juga website kampus saya www.gunadarma.ac.id
    terima kasih;)

    BalasHapus
  42. Selama malam Kak
    Dari yang saya baca diatas penjelasan tentang sistem informasi geografis beserta contoh aplikasinya yang digunakan sangat menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.Dan juga penjelasan tentang Google Earth yang rinci dan baik membuat saya lebih dalam untuk memahaminya serta mempelajarinya. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini semoga penulis lebih bersemangat lagi dalam memberikan ilmu yang bermanfaat seperti ini sekali lagi terima kasih.

    Kunjungi website saya dan kampus saya, semoga bermanfaat.
    https://Alnadamganteng.blogspot.com/
    https://www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  43. Informasinya sangat menarik dan bermanfaat sehingga dapat menambah pengetahuan saya dalam pengaplikasian GIS.

    kunjungi blog saya ezapahlevi83.blogspot.com
    website kampus saya www.gunadarma.ac.id
    terima kasih

    BalasHapus
  44. Terimakasih Pembahasan artikel anda mengenai SIG lumayan lengkap dan dapat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah saya


    kunjungi link dibawah ini:
    www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus