Learn english trick, Otak adalah guru

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan share nih tentang trick dalam belajar bahasa Ingris. Masih binggung yah belajar bahasa inggris, 


*pengen ngomong bahasa inggris ceplas-ceplos biar kaya orang-orang tapi kagak bisa 
*pengen nyanyi lagu bahasa inggris tapi nga P.D takut salah nyebutnya
*bisa nulis kalimat bahasa inggris tapi nga bisa ngomongnya
*bisa ngomong tapi ga bisa nulis kalimat bahasa inggris
*bisa denger & ngerti tapi nga bisa ngomong + nulisnya

Hehehehe. . . . .  itu semua udah wajar kok di dalam dunia bahasa inggris itu artinya kalian udah naik 1 level dan harus ditingkatkan lagi. Didalam dunia kerja bahasa inggris itu sangat penting apalagi untuk dunia pariwisata sangat disarankan banget tuh bahasa inggrisnya. Punya impian pengen kerja kesebuah perusahaan ternama & besar Tapi skill bahasa inggrisnya gagap. Jangan harap bisa masuk walaupun punya nilai tinggi. 

Oke, gimana sih cara belajar bahasa inggris dengan cepat ,mudah & fun, Nih saya kasih tau sewaktu saya sekolah dulu nilai bahasa inggris saya itu jauh lebih buruk daripada nilai matematika yang udah buruk. saya baru belajar bahasa inggris itu sekitar kelas 2 SMA. 

Sampe suatu ketika saya pernah tanya ke guru bahasa inggris, “bu, gimana sih cara cepat belajar bahasa inggris sekaligus nga ngebosenin “ dan guru ane bilang. “caranya mudah kok, jangan les klo kamu orang yang bosenan !! “ kok gitu bu.??? “Guru saya bilang, karena kalo les bahasa itu langsung ke kalimat tidak dengan mengartikan kata-kata satu/satu. Jadi ibarat bayi baru bisa makan bubur udah langsung dikasih nasi, mana masuk ya toh...!!! dan juga kamu akan ditambah dengan banyak PR itu akan membuatmu tambah bosan & tidak ingin belajar“ Saya jawab, Terus kesimpulannya gimana dong bu?? “ kamu belajar sendiri & niatkan hati kamu, gunakan kamus sebagai media sarana pembimbing kamu dalam belajar & jangan gunakan kalkulator bahasa karena kamu akan cepat tau & akan cepat lupa juga, Kamu tidak akan pintar dengan sesuatu yang instan. Tugas kamu adalah susun semua kata kata yang digunakan sehari-hari seperti: itu bahasa inggrisnya apa,ini bahasa inggrisnya apa. dsb dan cari jawabannya didalam kamus kemudian kamu catat.”

Trik Pertama, Menghafal kosa kata

Pada kesimpulannya ane paham apa yang dimaksud guru saya tadi jadi saya disuruh catat semua yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari Seperti pengunaan kata tanya: Aku,kamu,dia,kenapa,begitu,lalu,bagaimana,siapa,kemudian,dsb.
dan jikalau kalian sudah menghafal di luar kepala & tidak lupa mencatatnya. Masuk lah ke tahap ke dua seperti menghafal nama barang di sekitar kita dahulu seperti: kardus,botol,kaca,sapu,alat pel,lemari,kulkas,kompor,dsb. Lalu ke tahap ketiga belajar menghafal nama-nama binatang seperti: kucing,anjing,kerbau,semut,ular,jerapah,Dsb. Masuk lagi ketahap ke empat tahap yang satu ini sudah termasuk tahap menengah ke atas yaitu menghafal nama alat-alat yang dipakai akomodasi seperti, Gear,Roda,Rantai,Stang,Dsbnya. lanjut lagi sampai tahap nama-nama bagian anggota tubuh, Penyebutan angka dari 1 - 1111.

Dalam tahap bahasa inggris mungkin kalian suka melewatkan ini, mungkin terkesan konyol atau terkesan mudah dipelejari tetapi inilah awal yang harus kita pelajari dalam bahasa inggris sebelum menggunakan kalimat. walaupun ini terlihat mudah sesunguhnya inilah yang jarang di ingat atau tidak diketahui. Jikalau kalian sudah mahir atau terbiasa menggunakan kata ini itu artinya kalian sudah bisa masuk ke tahap Write and Read.

Trik Kedua, Belajar Menyusun kalimat

Nah setelah tahap pertama selesai sekiranya sudah dihafal dengan baik, baru lah kita bermain dengan kalimat karena kita sudah memiliki bekal dari pelajaran kosa kata tadi baik kata tanya,nama barang,nama hewan,alat-alat dsb. Anggap lah kita baru belajar dan masih polos *Kaya tisu kondangan * Trik ke dua ini sedikit unik karena kita bermain dengan imajinasi sekaligus mengukur tingkat kekuatan otak kita. 
Cara kerjanya begini, pikirkan lah sebuah kalimat yang mudah dahulu & jangan lupa tulis lah didalam buku kemudian agan/sist cari jawabannya di otak agan.” Jangan menggunakan kamus dahulu jikalau sudah menyerah barulah menggunakan kamus & ingat hanya mencari kata yang tidak kalian ketahui. “
seperti:

* Ibu pergi kepasar: 
* Mama Minta kimpoi:
* Om senang Tante girang:
* Budi ni’lep duit sekolah: 
* Nenek nelen karet lagi:

Nah seperti ini lah contoh kalimat yang mudah & juga tidak terlalu panjang, munculkanlah soal lebih dari 100 dari pikiran agan, biarkanlah otak agan yang mencari jawabannya & tetap pada prinsipnya gunakan kamus hanya untuk kata yang tidak agan ketahui/lupa. Nah jikalau agan sudah terbiasa menyusun kalimat tersebut. Lanjut ketahap berikutnya dengan kalimat yang agak panjang. 
Jikalau agan sudah terbiasa dengan ini agan sudah mampu masuk ke level menengah ke atas biasanya jikalau sudah masuk ketahap ini agan mampu mengarang sebuah cerita menggunakan bahasa inggris entah itu puisi,catatan pribadi DLL.

Trik Ketiga, Belajar bicara dengan bahasa inggris

Kenapa saya taro ini di akhir, karena tahap bicara atau kalo bahasa tempat les ini namanya conversation karena ini jauh lebih mudah. Seperti kata pepatah bicara jauh lebih mudah daripada menghafalkalian sudah memiliki 2 bekal yaitu menghafal & menyusun, Tinggal tahap terakhir yaitu menyebut kata tersebut dengan benar. Dalam contoh kasus banyak sekali orang-orang yang menyebut kata-kata atau kalimat dengan format bahasa inggris dengan intonasi/nada yang salah.
Seperti ini,
*Enough: di baca inok, inoghh, bahkan alaypun menyebutnya eiu. . .nough biasanya artis kampung menyebut intonasi/nada bahasa inggris dengan sedikit agak lebay

*I love you: dibaca A Lap Yu, Ai Louph Yu, alaypun menyebutnya Ai Laufh yu

Nah sekian dlu blog ini saya buat semoga bermanfaat bagi yang membaca nya. Kurang Lebi nya mohon maaf

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar