Tugas B.Indonesia 1 (tugas ke-7)


Pasar kerja lulusan Sistem Informasi di Indonesia



Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk membantu dalam mengambil keputusan. Sistem informasi sangat di butuhkan dalam setiap organisasi. Sistem informasi membantu kinerja organisasi menjadi lebih efisien. Di Indonesia sistem informasi sangat berperan penting di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan. Tenaga ahli di bidang sistem informasi pun harus di tingkatkan.

            Jurusan Sistem Informasi menjadi salah satu jurusan yang banyak di minati di Indonesia. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sistem informasi yaitu analisis dan berifikir sistem, dimana kita dituntut untuk mengevaluasi fakta-fakta yang ada dan kondisi nyata sebagai dasar untuk mengambil kesimpulan dan keputusan guna membantu organisasi ataupun perusahaan mencapai tujuan tertentu. Tinggi nya kebutuhan IT di Indonesia membuat beberapa universitas berlomba – lomba mencetak lulusan IT terbaik untuk bisa bersaing di dunia kerja. Prosepek jurusan Sistem informasi mencakup programmer, sistem analis, konsultan sistem informasi, dll. Banyak nya peminat jurusan Sistem Informasi membuat persaingan dalam dunia kerja semakin ketat.

            Jurusan Sistem Informasi itu jurusan yang serakah, mata kuliah yang bagus-bagus di Teknik Industri diambili semua, demikian juga mata kuliah di Jurusan Teknik Informatika yang bagus-bagus juga diambili semuanya – (Mudjahidin, S.T, M.T . 2014). Pada dasarnya, lulusan sarjana sistem informasi bisa bekerja di perusahaan pada hampir semua sektor. Lulusan sistem informasi dinilai juga berperan penuh sebagai penghubung antara tim teknis dan manajemen dalam organisasi. Sehingga dapat bekerjasama dengan baik memastikan organisasi senantiasa memiliki informasi dan sistem pendukung operasional sehari-hari. Setiap mahasiswa harus memiliki bekal yang matang untuk bisa bersaing dalam dunia pasar kerja.

            Perbedaan SI dengan Informatika adalah SI mempelajari software tapi tidak sesfesifik jurusan teknik informatika. SI bertugas untuk merancang sebuah sistem dan kemudian programmerlah yang bertugas untuk mengeksekusi apa yang telah dirancang oleh seorang system analis. Jurusan sistem informasi merupakan salah satu dari 5 jurusan dengan gaji terbesar di Indonesia. Lapangan pekerjaan yang terkait sistem informasi pada era sekarang dan masa depan, tak lagi mudah dimasuki oleh mereka yang generalis ataupun yang spesialis. Kita harus bisa mengambil prospek yang sesuai dengan keahlian, jangan sampai salah jalan.



Daftar Pustaka

Muklason. 30 September 2015. Yang harus kamu tahu tentang jurusan sistem informasi ITS. http://cakshon.com/tag/apa-prospek-kerja-dari-jurusan-sistem-informasi/. Di unduh tanggal 21 Januari 2016

           


0 komentar:

Posting Komentar